Minggu, 29 Juli 2012

Syaraf Terjepit ?

Apa itu Syaraf Terjepit?

Saraf kejepit bisa disebabkan salah posisi ketika tidur atau mengangkat barang. Saraf kejepit kadang masih disepelekan, padahal jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan kerusakan permanen.
Kebanyakan orang mengalami saraf terjepit di daerah pinggang, leher, pundak atau bagian lainnya yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit di sekitar daerah tersebut.
Jika sebuah saraf terjepit atau saraf dikompresi, maka dapat mengganggu aliran rangsangan ke saraf lainnya sehingga mempengaruhi perjalanan jaringan saraf.
Seperti dikutip dari Mayo Clinic, Senin (5/4/2010) sebuah saraf bisa terjepit jika ada terlalu banyak tekanan yang diterima saraf tersebut. Tekanan ini berasal dari jaringan disekitarnya seperti tulang, tulang rawan, otot atau tendon (urat). Tekanan tersebut mengganggu fungsi dari saraf sehingga menyebabkan sakit, kesemutan, mati rasa atau kelemahan.
Saraf yang terjepit dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Jika saraf terjepit terjadi pada lempengan tulang belakang bagian bawah, maka akan memberikan tekanan pada suatu akar saraf yang dapat menyebabkan rasa sakit di bagian belakang kaki (linu panggul).
Tapi jika saraf yang terjepit terjadi di pergelangan tangan, maka menimbulkan nyeri atau mati rasa di bagian tangan dan jari (carpal tunnel syndrome).
Selain rasa nyeri, sakit dan ketidaknyamanan, masih ada dampak buruk lain jika salah satu saraf terjepit, yaitu:
Terganggunya komplesitas dari jaringan saraf.
Saraf seseorang terdiri dari jaringan saraf yang berjumlah miliaran, dan tubuh seseorang bisa berfungsi dengan baik karena adanya jaringan saraf tersebut.
Tanpa jaringan ini, maka seseorang tidak bisa membedakan suhu panas dan dingin atau rasa senang dan rasa sakit. Setiap aktivitas dapat berjalan dengan baik jika fungsi dari saraf dan jaringannya tidak terganggu.
Jika ada salah satu jaringan yang rusak, maka bisa mempengaruhi seluruh jaringan saraf lain di tubuh. Misalnya jika ada saraf terjepit di tangan seperti carpal tunnel syndrome akan mengakibatkan mati rasa, nyeri dan kelemahan.
Jika kondisi ini diabaikan atau tidak segera diobati, maka jaringan saraf disekitarnya juga akan terganggu dan otot-otot di tangan serta pergelangan kemungkinan menyusut sehingga mengakibatkan kelemahan akut.
Kerusakan jaringan saraf
Saraf terjepit dapat menimbulkan sensasi kesemutan, rasa terbakar atau seperti ditusuk-tusuk pada daerah tersebut. Jika kondisi ini terabaikan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan jaringan saraf.
Kerusakan saraf ini bisa mengakibatkan hilangnya koordinasi fisik dan keseimbangan serta sensitivitas yang ekstrim pada semua jenis kontak fisik.
Penyebab
Penyebab saraf terjepit bisa bermacam-macam, tapi penyebab paling umum adalah cedera, postur tubuh yang buruk, osteoartritis, stres dari pekerjaan yang berulang, kegiatan olahraga dan juga obesitas.
Jika saraf yang terjepit terjadi dalam waktu singkat, biasanya tidak akan menimbulkan kerusakan permanen dan saraf bisa berfungsi secara normal. Tapi jika tekanan terus terjadi, dapat menimbulkan sakit kronis dan kerusakan saraf permanen.
Perawatan yang paling sering direkomendasikan adalah istirahat total atau menghentikan semua kegiatan yang dapat memperburuk tekanan di saraf. Namun hal ini tergantung dari lokasi saraf terjepit, pada lokasi tertentu kadang membutuhkan bantuan penyangga.
Obat-obat antiinflamasi non-steroid jadi pilihan, seperti ibuprofen dan naproxen. Sedangkan gabapentin dan pregabalin lebih spesifik digunakan pada gangguan syaraf, hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.
Biasanya seseorang akan sembuh setelah beberapa hari. Tapi jika tidak ada perbaikan setelah beberapa minggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan terapi fisik, obat-obatan untuk mengurangi nyeri atau operasi untuk menghilangkan tekanan di saraf.
Syaraf terjepit bisa dicegah seperti:
Olahraga untuk menjaga kelenturan dan kekuatan otot.
Menghindari aktivitas berulang (repetitif).
Menjaga berat badan



HNP > Syaraf Kejepit

HNP (Herniasi Nukleus Pulposus) atau yang lebih dikenal oleh masyarakat awam sebagai Syaraf Kejepit adalah penyakit yang sangat menjengkelkan dan sangat menyiksa karena rasa sakit yang ditimbulkannya benar2 luar biasa sakitnya.
Saya bisa mengatakan hal itu karena saya mengalami penderitaan karena HNP itu.

Akibat dari HNP itu menurut Dokter Alfred Sutrisno Sp.Bs karena adanya riwayat jatuh atau mengangkat benda2 yang berat.
Saya sendiri mengalami jatuh pas kena di tulang ekor sekitar 15 tahun lalu, waktu itu sempat masuk rumah sakit karena memang sakit sekali tapi dinyatakan waktu itu tidak ada kelainan apapun shg setelah rasa sakitnya hilang sudah bisa hidup normal seperti biasa sampai sekitar 2 tahun kemudian rasa sakit di pinggang mulai muncul, diobati dan sembuh sampai sekitar 12 tahun lagi kembali kambuh dan lumayan parah.

Lebih lanjut dijelaskan oleh beliau bahwa Diskus Intervertebrale atau bantalan tulang belakang merupakan struktur yang kuat dan tidak menimbulkan rasa nyeri jika pembungkusnya (annulus) intak atau utuh. Robeknya pembungkus discus menyebabkan keluarnya inti dari bantalan tulang yang masuk kedalam rongga tulang belakang. Hal tersebut dapat menekan pembuluh darah balik, kantung syaraf itu sendiri. Iritasi akibat penekanan dari bantalan tulang tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri sampai kelumpuhan dari syaraf yang tertekan. Prolapsnya discus disebabkan adanya gaya fleksi-ekstensi serta rotasi pada struktur tulang disekitar leher maupun pinggang yang berlebihan atau kronis.
Prolaps nya discus paling sering kearah tepi rongga tulang belakang tapi juga dapat ke bagian sentral atau tengah yang mana masing2 kelainan tersebut menimbulkan gejala yang berbeda. Hal diatas sering juga mengakibatkan terlepasnya bantalan itu ketas atau kebawah rongga. Dengan demikian menyebabkan instabilitas struktur tulang di level tersebut juga facet joint dapat mengalami degenerasi yang berakibat makin tertekannya saraf daerah tersebut.

Penanganan dari HNP dibagi 2:
1.Tindakan konservatif:
a.Dianjurkan penderita bed rest selama 2 – 3 minggu.
b.Dilakukan fisioterapi dengan traksi
c.Memakai Plaster Jacket/Spinal Brance
2.Tindakan Operatif dibagi dalam tindakan operatif biasa dengan laminektomi atau dengan bedah mikro.
Dan sudah bisa dikerjakan di Indonesia.

Karena saya tidak mau untuk dilakukan operasi maka saya memakai cara2 tradisionil berupa pijat ke orang yang benar2 ahli dan juga dengan akupunktur.
Hasilnya tidak stabil, sembuh dan sakit silih berganti sehingga praktis tidak bisa bekerja dengan baik.
Sampai disuatu hari saya mendapat informasi dari seseorang tentang obat tradisionil dari China yang katanya bisa menyembuhkan penyakit itu.
Dan ternyata benar, rasa sakit hilang 90% setelah 1 minggu mengkonsumsi obat itu dan saya sekarang sedang dalam lanjutan pengobatan itu.

Untuk anda yang mengalami hal yang sama saya ingin berbagi karena saya juga mengalami rasa sakit yang luar biasa akibat HNP itu.
Hanya saya tidak bisa menjelaskan secara detail disini karena ada beberapa hal yang perlu diperjelas sebelum mengkonsumsi obat itu.

============

Obat Herbal Syaraf Kejepit

Berikut kisah sembuh pada penderita syaraf kejepit dengan xamthone plus


Saya Etty A Koesnadi 65 tahun asal Jakarta. kesibukan saya setiap
harinya menjalani sebuah usaha mandiri alias wiraswasta. Alhamdulillah
dengan obat herbal syaraf kejepit XAMthone plus sebanyak 6 botol
semuanya menjadi baik-baik saja, dengan lebih jelasnya saya mau katakan
bahwa penyakit saya sembuh. Saya sebelumnya menderita sakit urat syaraf kejepit pada bagian pinggang, sehingga sangat mengganggu aktivitas saya setiap harinya. Obat Herbal Syaraf Kejepit
Saat sholatpun saya tidak bisa berdiri
hanya bisa duduk saja. Selain itu ada benjolan  yang tumbuh di telapak
kaki kiri saya, yang bilamana  saya sedang berjalan atau memakai sepatu
maupun sandal sangat terasa sakit sekali. Selain itu saya juga merasa
cepat capek saat beraktivitas, dan kulit muka tampak sangat keriput. Obat Herbal Syaraf Kejepit
Tapi setelah minum XAMthone plus 30 ml
per hari atau setara 6 sendok makan selama 1 bulan semua keluhan sudah
hilang, terutama daging yang tumbuh pada bagian kaki kiri saya kini
telah hilang. Kondisi badan saya juga semakin segar dan teman-teman saya
bilang wajah saya tampak lebih fresh/segar. Obat Herbal Syaraf Kejepit
Mereka tanya, makan apa sih Bu, ko
kelihatannya segar sekali wajahnya. Tentu saya bilang sini semua berkat
obat herbal syaraf kejepit dari XAMthone plus. Obat Herbal Syaraf Kejepit

Apakah anda sudah bosan dengan berobat yang ta jelas dan tak kunjung sembuh juga

Beralihlah pada obat herbal Xamthone plus yang di percaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk untuk penyakit urat syaraf kejepit



2 Komentar:

Pada 1 Mei 2014 pukul 02.12 , Blogger Unknown mengatakan...

Di mana saya bisa mendapat kan obat herbal syaraf kejepit dari XAMthone plus?

 
Pada 1 Februari 2015 pukul 19.15 , Blogger zaki dinul mengatakan...

kalo dari refrensi yg saya baca pengobatan CTS dapat diobati dengan terapi ringan, yaitu dengan melatih otot tangan untuk membuat gerakan-gerakan yang tak monoton. Kompres dingin pergelangan tangan selama 10 sampai 15 menit, sebanyak 1 atau 2 kali dalam periode satu jam. Sumber: udoctor.co.id

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda